'/> Langkah Mudah untuk Membuat Pindang Tongkol Kuah yang Enak - Tutorial Masak Melayu

Langkah Mudah untuk Membuat Pindang Tongkol Kuah yang Enak

Pindang Tongkol Kuah. Lihat juga resep Pindang Tongkol kuah sarden enak lainnya. Cara Membuat Pindang Ikan Tongkol Kuah Bening yang Enak dan Nikmat Cara Membersihkan Ikan Tongkol Sebelum Dibumbui: Cara pertama, bersihkan ikan tongkol segar yang sudah anda beli dengan menggunakan air bersih. Utamakan untuk membersihkan bagian permukaan ikan agar lendir dan kotoran pada ikan bisa dibersihkan secara merata.

Pindang Tongkol Kuah Berbeda dengan resep pindang tongkol masak santan bumbu kuning spesial maupun resep pindang tongkol masak pedas kuah santan bumbu kuning, meskipun dasarnya m. Pakai pindang apa saja yang ada Rosi. Kalau di Indonesia khususnya di daerah asal saya di Kabupaten kediri, pindang yang tersedia di pasar tradisional kebanyakan pindang ikan tongkol.

Lagi mencari inspirasi resep pindang tongkol kuah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang tongkol kuah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang tongkol kuah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pindang tongkol kuah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Pindang Tongkol kuah sarden enak lainnya. Cara Membuat Pindang Ikan Tongkol Kuah Bening yang Enak dan Nikmat Cara Membersihkan Ikan Tongkol Sebelum Dibumbui: Cara pertama, bersihkan ikan tongkol segar yang sudah anda beli dengan menggunakan air bersih. Utamakan untuk membersihkan bagian permukaan ikan agar lendir dan kotoran pada ikan bisa dibersihkan secara merata.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pindang tongkol kuah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Pindang Tongkol Kuah memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pindang Tongkol Kuah:

  1. Ambil 300 gr ikan tongkol.
  2. Gunakan 1 jempol lengkuas, geprek.
  3. Gunakan 1 batang serai, geprek.
  4. Sediakan 2 buah tomat merah, cuci bersih, potong kotak.
  5. Ambil 300 ml air putih.
  6. Sediakan minyak kelapa utk menumis.
  7. Ambil 1 sdt garam.
  8. Gunakan secukupnya kaldu bubuk.
  9. Gunakan Bumbu (uleg kasar):.
  10. Siapkan 3 siung bawang putih.
  11. Ambil 5 siung bawang merah.
  12. Gunakan 5 butir kemiri.
  13. Siapkan 5 cabe keriting.
  14. Siapkan 5 cabe rawit (opsional).
  15. Ambil 2 cm jahe.
  16. Gunakan 1 cm kunyit basah.

Kalau di tempat tinggal saya sekarang (Jerman) paling banyak memang pindang ikan kembung. Kalau pindang tongkol jarang yang jual. Pindang merupakan hasil olahan ikan dengan cara kombinasi perebusan (pemasakan) dan penggaraman. Produk yang dihasilkan merupakan produk awetan ikan dengan kadar garam rendah.

Langkah-langkah menyiapkan Pindang Tongkol Kuah:

  1. Tumis bumbu yg sdh diuleg hingga wangi..
  2. Masukkan ikan, air dan semua bahan, kecuali tomat..
  3. Masak 90 menit dgn api kecil, tutup panci, ga usah diaduk..
  4. Masukkan tomat, lalu masak lg 15-30 menit. Koreksi rasa..
  5. Siap disajikan..
  6. Semoga bermanfaat yaa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pindang memiliki pengertian "ikan yg digarami dan dibumbui kemudian diasapi atau direbus sampai kering agar dapat tahan lama". Tumis pindang ikan tongkol ini biasanya memiliki rasa yang sedikit pedas dan gurih. Selain itu, makanan ini juga juga memiliki kuah yang bening. Mungkin masih banyak yang belum merasakan nikmatnya tumis pindang ikan tongkol. In Java however, pindang refer to salt-boiled fermented fish.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pindang Tongkol Kuah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.