'/> Resep Sambal Tongkol Daun Jeruk Anti Gagal - Tutorial Masak Melayu

Resep Sambal Tongkol Daun Jeruk Anti Gagal

Sambal Tongkol Daun Jeruk. Ini enak banget dan wajib direcook. Ini minyaknya banyak karena aku mau kirim ke luar kota. Lihat juga resep Sambel pindang tongkol daun jeruk enak lainnya.

Sambal Tongkol Daun Jeruk TAK sulit mengenali sambal tongkol buatan Giok Eng. Lihat juga resep Sambal Goreng Tongkol enak lainnya. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian.. (salam,laos,sereh,daun jeruk, jahe) .

Sedang mencari ide resep sambal tongkol daun jeruk yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal tongkol daun jeruk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ini enak banget dan wajib direcook. Ini minyaknya banyak karena aku mau kirim ke luar kota. Lihat juga resep Sambel pindang tongkol daun jeruk enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal tongkol daun jeruk, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sambal tongkol daun jeruk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal tongkol daun jeruk yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Tongkol Daun Jeruk menggunakan 13 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal Tongkol Daun Jeruk:

  1. Gunakan 400 gram ikan tongkol disuwir.
  2. Siapkan 200 gram cabe (aku mix cabe rawit dan cabe merah keriting biar ga pedes banget, kalo mau pedes nampol pakek cabe rawit semua aja).
  3. Siapkan 20 lembar daun jeruk diiris tipis.
  4. Ambil 200 gram bawang merah.
  5. Sediakan 100 gram bawang putih.
  6. Siapkan 50 gram gula merah (aku pakek palm sugar).
  7. Gunakan 1 buah sereh digeprek.
  8. Sediakan 2 lembar daun salam.
  9. Siapkan 1 sdm micin, opsional.
  10. Gunakan 1 sdm kaldu ayam bubuk.
  11. Sediakan 1 sdm gula.
  12. Siapkan 1 sdm garam.
  13. Siapkan 200 ml minyak goreng, kalo buat konsumsi dikurangin aja. Kalo aku krn buat disimpen dan dikirim jadi agak banyakan.

Sambal ikan tongkol yang pedas ini bukan hanya lezat saja, tapi juga mengenyangkan. Bahannya murah dan dijamin Anda pasti ketagihan! Gunakan tongkol yang dipotong-potong atau disuwir-suwir, sesuaikan saja dengan selera, ya. Tambahkan daun jeruk dan jahe ke dalam bumbu, aduk rata, masak hingga harum.

Cara membuat Sambal Tongkol Daun Jeruk:

  1. Rebus ikan tongkol hingga matang lalu disuwir suwir dagingnya.
  2. Blender cabe dan bawang. Tambahkan minyak biar halus.
  3. Panaskan minyak lalu masukkan tongkol yang sudah disuwir. Goreng hingga sedikit kecoklatan.
  4. Tambahkan sereh dan daun salam. Tumis hingga tongkolnya kecoklatan.
  5. Jika minyak kurang, tambahin aja. Masukkan bumbu halus pada langkah 2. Tumis hingga harum.
  6. Masukkan daun jeruk serta micin, kaldu ayam bubuk, garam dan gula. Tambahkan juga gula aren. Koreksi rasa.
  7. Tumis sambal hingga matang.

Koreksi rasa, masak ikan tongkol hingga matang dan bumbu meresap. Maggi Magic Lezat, untuk bahan sambal Salin Kiat & trik terbaik kami untuk ukuran porsi khusus. Jika jumlahnya meningkat, waktu memasak dapat diperpanjang, jadi lihat lagi.. resep masakan sederhana, resep masakan ayam, resep masakan sunda, resep masakan sehari hari, resep masakan udang, resep masakan rumahan, resep masakan indonesia, resep masakan sayur, resep masakan cumi, resep masakan ati ampela, resep masakan anak, resep masakan ayam rica rica, resep masakan ayam fillet, resep masakan ayam pedas, resep masakan ayam geprek, resep masakan anak kos, resep masakan . Cincang kasar cabai, bawang, kecombrang, sereh. Lalu masukan terasi dan masak hingga matang dan berpasir.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Tongkol Daun Jeruk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.