'/> Resep Ikan tongkol bumbu rendang, Bikin Ngiler - Tutorial Masak Melayu

Resep Ikan tongkol bumbu rendang, Bikin Ngiler

Ikan tongkol bumbu rendang. Satu negeri yang legendaris urusan kulinernya di Indonesia, bahkan dunia. Untuk kamu yang selalu penasaran dengan kuliner Sumatra Barat, jelas resep yang satu ini wajib untuk dicoba di rumah. Ikan tongkol yg diolah memanfaatkan bumbu rendang pastinya bakal tak terasa amis waktu dimakan.

Ikan tongkol bumbu rendang Potong ikan tongkol, lamuri garam, air jeruk nipis. Kali ini Vemale punya resep rendang yang dibuat dari ikan tongkol. Jangan khawatir, rasa rendang ini tak berbeda jauh dari rendang daging lho.

Sedang mencari ide resep ikan tongkol bumbu rendang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan tongkol bumbu rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Satu negeri yang legendaris urusan kulinernya di Indonesia, bahkan dunia. Untuk kamu yang selalu penasaran dengan kuliner Sumatra Barat, jelas resep yang satu ini wajib untuk dicoba di rumah. Ikan tongkol yg diolah memanfaatkan bumbu rendang pastinya bakal tak terasa amis waktu dimakan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan tongkol bumbu rendang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ikan tongkol bumbu rendang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ikan tongkol bumbu rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ikan tongkol bumbu rendang menggunakan 22 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ikan tongkol bumbu rendang:

  1. Ambil 250 gr ikan tongkol basah.
  2. Sediakan 10 buah cabe rawit merah sebagai pelengkap.
  3. Sediakan 1 sdt garam.
  4. Sediakan 1/2 sdt gula pasir.
  5. Sediakan 1 gelas air mineral.
  6. Sediakan 1/4 sdt merica bubuk.
  7. Gunakan 3 cm jahe yng sdh di geprek.
  8. Ambil 4 lbr daun salam.
  9. Ambil 1/2 butir Santan dari kelapa ambil yang kentalnya saja.
  10. Ambil 500 ml minyak untuk menggoreng.
  11. Ambil Bumbu rendang yng di haluskan.
  12. Gunakan 3 cm lengkuas.
  13. Gunakan 1 sdm ketumbar.
  14. Ambil 3 cm kunyit yg dibakar dan di buang kulitnya.
  15. Siapkan 100 gr buah cabe merah kriting.
  16. Ambil 100 gr buah cabe merah besar.
  17. Gunakan 7 butir bawang merah.
  18. Sediakan 5 butir bawang putih.
  19. Sediakan 3 buah kemiri yng sudah di sangrai.
  20. Gunakan 1 sdt jinten.
  21. Ambil 1 sdt pala bubuk.
  22. Gunakan 2 sdm garam.

Selain itu tongkol juga cocok dipadukan dengan campuran bahan lain seperti tahu. Cara Membuat Rendang Maco Ikan Tongkol Masak dengan api sedang-kecil sampai bumbu meresap, berwarna coklat tua dan berminyak Resep Rendang Ikan Tongkol Paling Enak Dan Praktis dapat anda lihat di video slide berikut ini. Rendang merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat populer. Cara Membuat Pindang Ikan Tongkol Bumbu Merah: Jika ikan selesai didiamkan dalam waktu yang telah ditentukan, silahkan siapkan wajan dan panaskan minyak goreng didalamnya.

Cara membuat Ikan tongkol bumbu rendang:

  1. Cuci bersih ikan tongkol, kemudian rebus ikan dalam air mendidih tambahkan daun salam dan jahe rebus selama kurkeb 15 menit.
  2. Setelah di rebus tiriskan ikan, kemudian panas kan minyak untuk menggoreng.
  3. Setelah minyak panas goreng ikan sampai kering (sesuai selera).
  4. Tiriskan ikan lalu tumis bumbu halus hingga mengekuarkan aroma.
  5. Tambahkan air sedikit2 masukan garam, gula, merica,dan cabai rawit.
  6. Kemudian masukan ikan masak hingga air berkurang. Setelah itu masukan santan masak lagi hingga santan habis.
  7. Setelah itu cicipi ikan jika sudah pas rasanya tuangkan ke wadah dan sajikan.
  8. Selamat mencoba.
  9. Nb : jika suka pedas bumbu halus bisa di tambahkan cabai rawit dan jumlah merica bisa di tambah sesuai selera.

Ikan tongkol segar juga bisa diolah dengan bumbu sarden ala kalengan favorit Anda. Selain lebih sehat karena bebas pengawet, Anda juga bisa membuat citarasanya sesuai selera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan metode pengeringan dan metode pemberian bumbu yang tepat pada pembuatan dendeng giling ikan tongkol. Lihat juga resep Pindang Tongkol kuah sarden enak lainnya. menu kali ini yaitu Rendang ikan tongkol yg biasa juga di sebut ikan tuna. semoga bisa memberi inspirasi bagi teman teman yang ingin masa masak masakan teren. Masak ikan hingga matang dan bumbu meresap kedalamnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ikan tongkol bumbu rendang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.