'/> Resep Sambal goreng tongkol pete, Menggugah Selera - Tutorial Masak Melayu

Resep Sambal goreng tongkol pete, Menggugah Selera

Sambal goreng tongkol pete. M enu kali ini adalah sambal goreng tomat biasa aja sih, cuma dipakein pete. Biasanya saya menyajikan sambel ini dengan tongkol goreng atau teri nasi yang digoreng kering. Tapi beberapa hari yang lalu mbak Diah Didi [diahdidi.com] posting ikan pindang kalo gak salah yang dimasak dengan sambel tomat ini, terus dikasi pete.

Sambal goreng tongkol pete Apalagi dikombinasikan dengan petai yang selalu menggoda untuk dikunyah. Ikan tongkol sendiri merupakan salah satu jenis ikan laut berdaging tebal yang populer. Lihat juga resep Sambal tongkol suwir ekstra pete enak lainnya.

Lagi mencari inspirasi resep sambal goreng tongkol pete yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal goreng tongkol pete yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

M enu kali ini adalah sambal goreng tomat biasa aja sih, cuma dipakein pete. Biasanya saya menyajikan sambel ini dengan tongkol goreng atau teri nasi yang digoreng kering. Tapi beberapa hari yang lalu mbak Diah Didi [diahdidi.com] posting ikan pindang kalo gak salah yang dimasak dengan sambel tomat ini, terus dikasi pete.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal goreng tongkol pete, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sambal goreng tongkol pete yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal goreng tongkol pete sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sambal goreng tongkol pete memakai 8 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sambal goreng tongkol pete:

  1. Siapkan 1/2 kg ikan tongkol basah / ikan tongkol peda.
  2. Ambil 10 bh cabai rawit merah.
  3. Siapkan 4 siung bawang merah.
  4. Ambil 2 siung sedang bawang putih.
  5. Siapkan 1 lembar daun salam.
  6. Siapkan secukupnya Garam.
  7. Sediakan 1 ruas lengkuas.
  8. Siapkan secukupnya Gula merah.

Solusi buat yang tidak suka ribet atau tidak suka berlama-lama di dapur, bisa bikin bumbu dasar merah ala Dapoer Sriwidi ini, bumbunya cuma bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe kecil dan terasi. Buat banyak, ditumis dahulu dan bisa disimpan dikulkas pada. Sambal goreng tempe pete keris pete (belah biji Pete) • tempe • bawang merah Iris tipis • bawang putih Iris tipis • cabe merah • saus tiram • kecap bangau • saus ayam Menu Sahur Hari Ini, Ayam Goreng Mentega yang Menggugah Selera Cumi Asin Sambal Pete dan Kolak Biji Salak Cocok Jadi Menu Buka Puasa dan Sahur Hari Ini Masukkan pete lalu susul dengan ikan tongkol suwirnya. Bahannya murah dan dijamin Anda pasti ketagihan!

Cara membuat Sambal goreng tongkol pete:

  1. Goreng ikan tongkol sampai agak kering.
  2. Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih dan cabai). Tumis bumbu halus hingga harum. masukan lengkuas, daun salam, gula merah dan garam. Tambahkan sedikit air kemudian Koreksi rasa.
  3. Jika rasa bumbu sudah enak, masukan ikan yang sudah di goreng dan pete. Aduk hingga sambal mengental.
  4. Sambal goreng tongkol pete siap di hidangkan.

Gunakan tongkol yang dipotong-potong atau disuwir-suwir, sesuaikan saja dengan selera, ya. Jika bingung, kamu bisa membuat tongkol balado khas rumah makan Padang. Ya, tongkol balado merupakan salah satu hidangan yang tak pernah luput disajikan restoran-restoran Padang. Bumbunya yang pedas nan gurih memang cocok dipadukan dengan daging ikan tongkol yang sangat empuk. Terlebih tongkol juga termasuk jenis ikan yang tidak memiliki tulang, sehingga tidak akan kesulitan saat dimakan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal goreng tongkol pete yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.