'/> Bagaimana Membuat 285. Gulai Ikan Tongkol yang Lezat Sekali - Tutorial Masak Melayu

Bagaimana Membuat 285. Gulai Ikan Tongkol yang Lezat Sekali

285. Gulai Ikan Tongkol. Lihat juga resep Gulai ikan tongkol enak lainnya. Ikan yang digunakan dalam membuat gulai pun beragam, salah satu favorit masyarakat adalah gulai ikan tongkol, karena ikan tongkol cukup mudah didapat dan harganya pun sangat terjangkau. Gulai ikan tongkol Padang terkenal dengan kuahnya yang kental berwarna kuning dengan cita rasa gurih karena bumbu dan juga santan yang digunakan.

285. Gulai Ikan Tongkol Seperti yang semua sedia maklum, gulai nasi dagang Terengganu lain dengan gulai nasi dagang Kelantan. Lihat juga resep Gulai ikan tongkol (Fiber creme) enak lainnya. Saya paparkan sekali lagi resepi untuk menyediakan Gulai Ikan Tongkol yang dihidangkan bersama nasi dagang Terengganu untuk memudahkan rujukan di masa depan.

Sedang mencari ide resep 285. gulai ikan tongkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal 285. gulai ikan tongkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Gulai ikan tongkol enak lainnya. Ikan yang digunakan dalam membuat gulai pun beragam, salah satu favorit masyarakat adalah gulai ikan tongkol, karena ikan tongkol cukup mudah didapat dan harganya pun sangat terjangkau. Gulai ikan tongkol Padang terkenal dengan kuahnya yang kental berwarna kuning dengan cita rasa gurih karena bumbu dan juga santan yang digunakan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 285. gulai ikan tongkol, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan 285. gulai ikan tongkol enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat 285. gulai ikan tongkol sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat 285. Gulai Ikan Tongkol menggunakan 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan 285. Gulai Ikan Tongkol:

  1. Siapkan 500 gram ikan tongkol segar.
  2. Sediakan 5 buah kacang panjang.
  3. Siapkan 500 ml santan (me: FiberCreme).
  4. Sediakan 3 lembar daun jeruk, buang tulang tengahnya.
  5. Ambil 2 lembar daun salam.
  6. Siapkan 1 batang serai, geprek.
  7. Gunakan 2 cm lengkuas, geprek.
  8. Ambil 1 lembar daun kunyit, ikat simpul.
  9. Siapkan 1 buah asam Kandis / 1 sdt asam Jawa.
  10. Gunakan 1 sdt kaldu ayam bubuk.
  11. Gunakan 1 sdm gula pasir.
  12. Sediakan Secukupnya garam & minyak goreng.
  13. Gunakan Bumbu halus :.
  14. Gunakan 12 siung bawang merah.
  15. Ambil 5 siung bawang putih.
  16. Sediakan 2 sdt gula.

Gulai ini memang perlu dimasak agak lama sehingga ianya benar benar pecah minyak. Jadi untuk mula mula, biarkan agak cair kerana setelah lama dimasak, ianya akan menjadi pekat. Pastikan ikan tongkol yang ingin buat gulai itu segar dan tidak busuk. Rebus ikan tongkol dengan asam keping dan sedikit garam sehingga mendidih.

Cara menyiapkan 285. Gulai Ikan Tongkol:

  1. Siapkan semua bahan-bahannya. Cuci lalu potong-potong 5 cm atau sesuai selera..
  2. Haluskan Bumbu halus. Lalu tumis bumbu hingga harum dan matang..
  3. Masukkan potongan ikan tongkol. Aduk rata. Masak hingga daging berubah warna. Lalu tuangkan santan/ larutan fiber Creme nya. Aduk rata..
  4. Terakhir tambahkan kacang panjang. Masak hingga matang dan kacang panjang mulai lunak. Beri gula, garam dan kaldu ayam bubuk. Aduk dan koreksi rasa..
  5. Angkat dan sajikan. Selamat mencoba. 😊🤗.

Ikan tongkol atau ikan aya ini perlu direbus terlebih dahulu. Saya tak ikut resepi asal yang mana sepatutnya masakkan santan sampai berminyak. TIP MASAK GULAI KUNING IKAN TONGKOL @ IKAN AYO YANG SEDAP. Janganlah tengok sampai habis resepi lengkap cikgu ni kalau tengah jaga badan. Aha… resipi mengundang nasi tambah berkali-kali.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan 285. Gulai Ikan Tongkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.