'/> Bagaimana Membuat Gulai ikan tongkol Anti Gagal - Tutorial Masak Melayu

Bagaimana Membuat Gulai ikan tongkol Anti Gagal

Gulai ikan tongkol. Jika perlu tambah apa-apa, tambah lah. Memang sedap la nasi berlauk ni. Resepi sambal pun dah saya update tu.

Gulai ikan tongkol Lihat juga resep Gulai ikan tongkol enak lainnya. Ikan yang digunakan dalam membuat gulai pun beragam, salah satu favorit masyarakat adalah gulai ikan tongkol, karena ikan tongkol cukup mudah didapat dan harganya pun sangat terjangkau. Gulai ikan tongkol Padang terkenal dengan kuahnya yang kental berwarna kuning dengan cita rasa gurih karena bumbu dan juga santan yang digunakan.

Anda sedang mencari inspirasi resep gulai ikan tongkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai ikan tongkol yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gulai ikan tongkol, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan gulai ikan tongkol yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Jika perlu tambah apa-apa, tambah lah. Memang sedap la nasi berlauk ni. Resepi sambal pun dah saya update tu.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gulai ikan tongkol yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Gulai ikan tongkol memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Gulai ikan tongkol:

  1. Siapkan 1/4 kg ikan tongkol basah.
  2. Siapkan 4 siung bawang merah.
  3. Sediakan 1 siung bawang putih.
  4. Gunakan 2 buah cabai merah kriting.
  5. Ambil 5 buah cabai rawit merah (opsi).
  6. Sediakan 1 sdt ketumbar (sangrai).
  7. Ambil 1/2 sdt jinten (sangrai).
  8. Sediakan 3 btr kemiri (sangrai).
  9. Gunakan 2 ruas jari kunyit.
  10. Ambil 5 lbr daun jeruk.
  11. Sediakan 2 btg sereh.
  12. Sediakan 1 btg daun kunyit (simpulkan).
  13. Gunakan 1 ruas jari jempol lengkuas.
  14. Ambil 2 lbr daun salam.
  15. Ambil Secukupnya garam & kaldu bubuk.
  16. Siapkan 65 ml santan kental.
  17. Siapkan 800 ml air.

Satukan bahan kisar halus dengan rempah kari ikan, ketumbar serbuk dan rempah gulai ros. Resep Gulai Ikan Tongkol Cabe Rawit - Halo ketemu lagi dengan Resephariini.com. Kali ini kami kembali lagi dengan resep menu hidangan keluarga yang spesial, yaitu gulai ikan tongkol dengan bumbu cabe rawit. Jika berbicara tentang gulai tentu saja dalam bayangkan anda pasti langsung tertuju dengan gulai ayam ataupun gulai kambing.

Langkah-langkah menyiapkan Gulai ikan tongkol:

  1. Cuci bersih ikan tongkol beri perasan jeruk lemon & garam diamkan 10menit lalu goreng ikan tongkol 1/2matang.
  2. Ulek bumbu halus tumis daun salam sereh daun jeruk lengkuas hingga layu masukkan santan kentalnya aduk2 sampai mendidih tuang airnya aduk2 kembali cemplung juga daun kunyitnya.
  3. Tes rasa garam & kaldu bubuk.
  4. Masukkan juga ikan tongkolnya masak hingga santannya mendidih. Matikan api kompor taburi dengan bawang goreng.

Namun kali ini kami akan memberikan resep keluarga yang berbeda. Selain dibuat gulai, saya suka juga ikan tongkol rebus yang digoreng. Seperti yang semua sedia maklum, gulai nasi dagang Terengganu lain dengan gulai nasi dagang Kelantan. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan selama lima belas menit. Petua Masak Gulai Kuning Ikan Tongkol atau Ikan Ayo ini dikongsi oleh emak kepada Cikgu Afy Al Habibi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat gulai ikan tongkol yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.