'/> Resep Gulai Tongkol yang Menggugah Selera - Tutorial Masak Melayu

Resep Gulai Tongkol yang Menggugah Selera

Gulai Tongkol. Nasi berlauk gulai ikan bewarna kuning dan guna ikan tongkol atau dikenali dengan ikan ayo di sana. Tapi ikan tongkol pula ada dua jenis. Pertama ikan tongkol hitam dan ikan tongkol putih.

Gulai Tongkol Balas Padam Gulai ikan tongkol, makanan favorit orang Indonesia ini terkesan rumit memasaknya karena rasanya yang kaya akan rempah, tapi ternyata resep gulai ikan tongkol mudah dibuat, lho! Kali ini kami kembali lagi dengan resep menu hidangan keluarga yang spesial, yaitu gulai ikan tongkol dengan bumbu cabe rawit. Jika berbicara tentang gulai tentu saja dalam bayangkan anda pasti langsung tertuju dengan gulai ayam ataupun gulai kambing.

Lagi mencari ide resep gulai tongkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai tongkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Nasi berlauk gulai ikan bewarna kuning dan guna ikan tongkol atau dikenali dengan ikan ayo di sana. Tapi ikan tongkol pula ada dua jenis. Pertama ikan tongkol hitam dan ikan tongkol putih.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gulai tongkol, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan gulai tongkol yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan gulai tongkol sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Gulai Tongkol memakai 9 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Gulai Tongkol:

  1. Siapkan 1 ekor ikan tongkol basah ukurang kecil.
  2. Siapkan 3 siung bawang merah.
  3. Ambil 2 siung bawang putih.
  4. Siapkan 1 buah cabe rawit.
  5. Sediakan 4 buah cabe keriting.
  6. Gunakan 4 butir kemiri.
  7. Gunakan 3 sdm santan kara.
  8. Gunakan secukupnya garam, gula dan penyedap rasa.
  9. Sediakan 1 btang sereh di geprek.

Namun kali ini kami akan memberikan resep keluarga yang berbeda. Satukan bahan kisar halus dengan rempah kari ikan, ketumbar serbuk dan rempah gulai ros. Selain dibuat gulai, saya suka juga ikan tongkol rebus yang digoreng. Seperti yang semua sedia maklum, gulai nasi dagang Terengganu lain dengan gulai nasi dagang Kelantan.

Cara membuat Gulai Tongkol:

  1. Cuci bersih ikan tongkol kemudian potong 3 bagian dan goreng hingga matang.
  2. Blender semua bumbu kemudian tumis hingga harum dan masukan ikan tongkol kemudian tambahkan air 500ml.
  3. Bumbui dgn garam, gula, penyedap rasa dan santan dan perbaiki rasa.
  4. Tunggu hingga air meresap pada ikan dan siap di hidangkan dgn nasi hangat 😊.

Biasanya gulai nasi dagang Kelantan adalah gulai lemak kuning walaupun ada ketikanya berwarna kemerahan kerana menggunakan serbuk kari. Olahan Ikan - Bagaimana Cara membuat Gulai Ikan Tongkol Khas Padang, Apa Saja Resepnya? - Tak ada bosan-nya kalau kita makan kerumah masakan Padang, semuanya enak dan dapat di terima lidah berbagai suku di indonesia. Ada berbagai olahan ikan yang ada di Rumah Makan Padang ikan nila, ikan kakap, ikan kembung dan yang akan saya bagikan ini adalah ikan tongkol dimasak gulai, itu lho yang pakai. Cara Memasak Ikan Tongkol Gulai Kuning Kelantan. Rebus ikan dalam air, asam keping dan sedikit garam.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Gulai Tongkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.