'/> Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi, Sempurna - Tutorial Masak Melayu

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi, Sempurna

Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi. Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi. Lihat juga resep Nasi bakar Tongkol daun kemangi enak lainnya. Lihat juga resep Suwir tongkol merecon kemangi enak lainnya.

Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi Biasanya disertakan juga daun kemangi, sehingga aromanya semakin menggoda selera. Kalau ingin menikmati nasi bakar yang nikmat, buat saja sendiri. Siapkan daun pisang, kemudian letakkan nasi dan tongkol suwir di atasnya.

Sedang mencari ide resep nasi bakar tongkol suwir kemangi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar tongkol suwir kemangi yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi. Lihat juga resep Nasi bakar Tongkol daun kemangi enak lainnya. Lihat juga resep Suwir tongkol merecon kemangi enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar tongkol suwir kemangi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi bakar tongkol suwir kemangi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi bakar tongkol suwir kemangi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi memakai 18 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi:

  1. Gunakan 250 gr tongkol basah.
  2. Sediakan Bumbu :.
  3. Gunakan 7 buah bawang merah.
  4. Ambil 3 siung bawang putih.
  5. Siapkan 10 bh cabai rawit (saya pake 7bj).
  6. Sediakan 5 bh cabai merah.
  7. Gunakan 1 cm kunyit.
  8. Sediakan 3 bh kemiri.
  9. Gunakan 2 lbr daun jeruk.
  10. Gunakan 2 lbr daun salam.
  11. Siapkan 1/2 serai.
  12. Ambil Garam, gula secukupnya (saya pake gula merah).
  13. Siapkan 1 sachet kaldu jamur.
  14. Gunakan 3 ikat kemangi.
  15. Sediakan Sedikit lengkuas.
  16. Siapkan 10 bj petai, kupas.
  17. Siapkan secukupnya Nasi liwet.
  18. Gunakan secukupnya Daun pisang.

Letakkan nasi bakar yang telah dibungkus di atas teflon, bakar sampai berwarna kecokelatan. Wah, nasi bakar tongkol suwir pedas bisa dijadikan bekal ke kantor atau ke sekolah, nih! Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi - Nasi bakar atau yang tekenal dengan sebutan nasbak merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sering dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma wangi dari nasi gurih yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar menciptakan aroma sedap yang khas.

Cara menyiapkan Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi:

  1. Sediakan bahan2. Utk nasi liwet saya bikin menggunakan Rice cooker. Resepnya next saya share ya. Tongkol cuci bersih, rebus sebentar dg daun salam dan daun jeruk, setelah empuk, buang airnya dan suwir2..
  2. Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan besar, kunyit dan kemiri, gula merah, uleg halus..
  3. Tumis bumbu halus dg sedikit minyak, smp harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, sereh, petai dan lengkuas geprek. Lalu masukkan tongkol suwir, aduk rata. Beri secukupnya Air utk meratakan bumbu nya, lalu masukkan, kaldu jamur, silahkan yg mau ditambah garam & gula. Koreksi rasa..
  4. Setelah rasanya sudah pas, tggu sebentar smp air agak menyusut. Masukkan kemangi, aduk rata sebentar, matikan api. Sisihkan.
  5. Ambil daun pisang yg sudah dilap. Beri nasi secukupnya, beri isian, lalu gulung. Padatkan. Sematkan lidi diujung atas dan bawah dg rapi. Lakukan smp habis.
  6. Setelah itu siapkan panggangan, saya menggunakan batu granit lgsg diatas kompor. Bakar nasi smp daun berubah warna. Dan sajikan hangat2 dengan tahu / tempe goreng dan krupuk 😊.
  7. Selamat mencoba ya momsis.. Jgn lupa beri love dan recook.. Trimakasih 🙏.

Proses pembakaran di atas arang maupun teflon ini membuat nasi semakin enak, ditambah lagi dengan isian. Sajian ini cocok bagi anda yang ingin menyantap ikan bebas ribet, tanpa harus memisahkan antara daging dengan durinya. Kukuslah ikan tongkol segar hingga matang dan mudah untuk disuwir dagingnya. Selanjutnya ikan suwir akan ditumis dengan racikan bumbu hingga matang dan mengering. Nasi, rebus santan, garam, daun salam, serai, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.