'/> Resep Gulai tongkol yang Lezat - Tutorial Masak Melayu

Resep Gulai tongkol yang Lezat

Gulai tongkol. Lihat juga resep Gulai ikan tongkol enak lainnya. Gulai ikan tongkol, makanan favorit orang Indonesia ini terkesan rumit memasaknya karena rasanya yang kaya akan rempah, tapi ternyata resep gulai ikan tongkol mudah dibuat, lho! Salah satu jenis ikan laut yang paling banyak dikonsumsi warga Indonesia karena harganya yang terjangkau adalah ikan tongkol.

Gulai tongkol Tapi ikan tongkol pula ada dua jenis. Pertama ikan tongkol hitam dan ikan tongkol putih. Di Kelantan,ikan tongkol putih lebih digemari disebabkn isinya yang lebih pejal dan sesuai sangat untuk buat gulai ikan untuk nasi berlauk atau nasi dagang ni.

Anda sedang mencari inspirasi resep gulai tongkol yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai tongkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Gulai ikan tongkol enak lainnya. Gulai ikan tongkol, makanan favorit orang Indonesia ini terkesan rumit memasaknya karena rasanya yang kaya akan rempah, tapi ternyata resep gulai ikan tongkol mudah dibuat, lho! Salah satu jenis ikan laut yang paling banyak dikonsumsi warga Indonesia karena harganya yang terjangkau adalah ikan tongkol.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gulai tongkol, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan gulai tongkol enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gulai tongkol yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Gulai tongkol memakai 23 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Gulai tongkol:

  1. Gunakan 3 ekor tongkol basah uk sedang.
  2. Sediakan 65 ml santan instan.
  3. Gunakan 450 ml air.
  4. Ambil 30 ml minyak utk menumis.
  5. Siapkan Bumbu halus.
  6. Ambil 7 siung bawang merah.
  7. Sediakan 5 siung bawang putih.
  8. Ambil 3 cm kunir.
  9. Sediakan 1 cm jahe.
  10. Sediakan 1 cm kencur.
  11. Sediakan 3 cabe rawit merah.
  12. Ambil 5 cabe keriting merah.
  13. Gunakan Bahan dan bumbu lainnya.
  14. Gunakan 3 cm lengkuas geprek.
  15. Sediakan 3 lbr daun salam.
  16. Gunakan 5 lbr daun jeruk purut disobek-sobek.
  17. Sediakan 1 sereh geprek.
  18. Gunakan 1 jempol gula jawa.
  19. Ambil 1/2 sdm ketumbar bubuk.
  20. Siapkan 7 cengkeh.
  21. Gunakan 1/2 sdt pala bubuk.
  22. Gunakan 1/2 sdt kaldu jamur.
  23. Siapkan 1 sdt garam.

Selain dibuat gulai, saya suka juga ikan tongkol rebus yang digoreng. Seperti yang semua sedia maklum, gulai nasi dagang Terengganu lain dengan gulai nasi dagang Kelantan. Kali ini kami kembali lagi dengan resep menu hidangan keluarga yang spesial, yaitu gulai ikan tongkol dengan bumbu cabe rawit. Jika berbicara tentang gulai tentu saja dalam bayangkan anda pasti langsung tertuju dengan gulai ayam ataupun gulai kambing.

Langkah-langkah membuat Gulai tongkol:

  1. Bersih sisik dan isi perut ikan, cuci bersih dan potong- potong.
  2. Blender bumbu (bawang merah, bawang putih, kunir, jahe dan kencur) hingga halus, masukkan cabe rawit dan cabe keriting, blender setengah kasar.
  3. Tumis bumbu halus (langkah no 1), tambahkan lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk purut, ketumbar bubuk, pala bubuk, cengkeh dan gula jawa hingga harum, tambahkan sedikit air, aduk merata, tunggu masak, masukkan santan instan, aduk sampai masak, tambahkan kaldu jamur dan garam, aduk, test rasa, bila sesuai, masukkan potongan ikan, tunggu masak, kecilkan api, diamkan slm 15 menit. Selesai siap disajikan.
  4. .

Namun kali ini kami akan memberikan resep keluarga yang berbeda. Satukan bahan kisar halus dengan rempah kari ikan, ketumbar serbuk dan rempah gulai ros. Olahan Ikan - Bagaimana Cara membuat Gulai Ikan Tongkol Khas Padang, Apa Saja Resepnya? - Tak ada bosan-nya kalau kita makan kerumah masakan Padang, semuanya enak dan dapat di terima lidah berbagai suku di indonesia. Lihat juga resep Gulai Ikan Tongkol enak lainnya. KOMPAS.com - Menu gulai biasanya berbahan daging sapi, tetapi tak ada salahnya mencoba membuat gulai ikan tongkol.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Gulai tongkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.