'/> Resep Tongkol bumbu sambal kemangi Anti Gagal - Tutorial Masak Melayu

Resep Tongkol bumbu sambal kemangi Anti Gagal

Tongkol bumbu sambal kemangi. Lihat juga resep Tongkol Suwir Sambal Kemangi Pedas Manis enak lainnya. Tongkol Suwir Sambal Kemangi is a fragrant fish dish which consists of shredded mackerel tuna, sauteed with a unique sambal made with basil leaves, chili, garlic, shallots and red tomato. Lihat juga resep Suwir tongkol merecon kemangi enak lainnya.

Tongkol bumbu sambal kemangi Tongkol Kuah Pedas, masakan khas dari propinsi Riau Daratan. Angkat dan tiriskan, kemudian pisahkan antara daging dan tulang. Sambal: panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan matang kemudian masukkan ikan tuna suwir, garam dan gula pasir lalu aduk hingga.

Lagi mencari ide resep tongkol bumbu sambal kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol bumbu sambal kemangi yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Tongkol Suwir Sambal Kemangi Pedas Manis enak lainnya. Tongkol Suwir Sambal Kemangi is a fragrant fish dish which consists of shredded mackerel tuna, sauteed with a unique sambal made with basil leaves, chili, garlic, shallots and red tomato. Lihat juga resep Suwir tongkol merecon kemangi enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol bumbu sambal kemangi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan tongkol bumbu sambal kemangi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tongkol bumbu sambal kemangi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Tongkol bumbu sambal kemangi menggunakan 14 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Tongkol bumbu sambal kemangi:

  1. Siapkan 1 kg ikan basah tongkol.
  2. Ambil 1 ikat daun kemangi.
  3. Gunakan 1 butir bawang Bombay.
  4. Sediakan 10 biji cabe merah keriting.
  5. Ambil 10 biji rawit.
  6. Ambil 4 butir bawang putih.
  7. Sediakan 6 butir bawang merah.
  8. Siapkan 4 buah tomat matang.
  9. Gunakan 1 st terasi matang.
  10. Ambil 3 buah jeruk limau.
  11. Sediakan secukupnya Gula merah.
  12. Ambil secukupnya Garam.
  13. Gunakan secukupnya Bumbu kaldu.
  14. Siapkan secukupnya Minyak.

Haluskan bumbu dengan cobek atau alat penggiling. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu hingga baunya harum. Jangan lupa tambahkan daun jeruk dan jahe ke dalam bumbu, aduklah hingga rata. Kemudian masukkan ikan tongkol dan aduk kembali.

Cara menyiapkan Tongkol bumbu sambal kemangi:

  1. Siapkan semua bahan sambal.
  2. Bersihkan kemangi cuci tiriskan, iris"kecil bawang Bombay, potong" cabe agar digoreng tidak meletup".
  3. Goreng bawang Bombay sebentar saja asal layu, tiriskan.
  4. Goreng cabe, rawit, bawang sampai layu, angkat tuang kedalam cobek berikut terasi, gula & garam.
  5. Belah" tomat lalu goreng.
  6. Haluskan cabe, bawang sampai agak halus, beri tomat ulek sampai halus.
  7. Koreksi rasa, jika dirasa sudah cocok dengan selera kita tetesi dengan air jeruk limau.
  8. Ambil daun kemangi & bawang Bombay campur kedalam sambal aduk sampai rata, ambil sepotong ikan tongkol goreng geprek, lalu balut dengan sambal, tempatkan di piring saji lakukan sampai ikan habis.
  9. Ini hasilnya sedikit, karena sebelum ditata di piring saji, ikan sudah mendarat di piring masing".

Masak ikan tongkol hingga matang dan bumbunya meresap. Buat sambal kemangi yang pedas, lezat, dengan aroma wangi khas kemangi. Sambal kemangi ini cocok dijadikan pendamping lauk goreng seperti ayam goreng, bebek goreng, atau tempe dan tahu goreng. Kalau saat ini anda sedang ingin mencoba resep ikan baru, dicoba saja resep ikan tuna bumbu kuning kemangi. Baca Juga: Resep Pepes Ikan Tongkol Jika dulu saya pernah memberikan resep nila kuah kuning yang sangat lezat, kali ini saya mau share resep ikan tuna bumbu kuning yang tidak kalah nikmatnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Tongkol bumbu sambal kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.