'/> Cara Gampang Membuat Ikan Tongkol Bumbu Rujak, Menggugah Selera - Tutorial Masak Melayu

Cara Gampang Membuat Ikan Tongkol Bumbu Rujak, Menggugah Selera

Ikan Tongkol Bumbu Rujak. Bumbu rujak ikan tongkol masakan yang dibuat dari bahan dasar ikan tongkol yang dipadu dengan bumbu dan rempah yang begitu lezat rasanya. Ikan Tongkol bumbu rujak merupakan hidangan khas Nusantara yang beraqsal dari Jawa. Jika rujak biasanya identik dengan sayuran, maka hidangan ini merupakan i.

Ikan Tongkol Bumbu Rujak Jika kamu bingung cara mengolah ikan tongkol, cobalah resep ikan tongkol bumbu rujak. Bumbunya sangat sederhana dan cocok bagi kamu yang ingin masak cepat di rumah. Ikan tongkol bumbu rujak merupakan olahan ikan tongkol dengan bumbu khas rujak yang segar dan juga enak.

Lagi mencari inspirasi resep ikan tongkol bumbu rujak yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan tongkol bumbu rujak yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan tongkol bumbu rujak, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ikan tongkol bumbu rujak yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Bumbu rujak ikan tongkol masakan yang dibuat dari bahan dasar ikan tongkol yang dipadu dengan bumbu dan rempah yang begitu lezat rasanya. Ikan Tongkol bumbu rujak merupakan hidangan khas Nusantara yang beraqsal dari Jawa. Jika rujak biasanya identik dengan sayuran, maka hidangan ini merupakan i.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ikan tongkol bumbu rujak sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Ikan Tongkol Bumbu Rujak menggunakan 13 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ikan Tongkol Bumbu Rujak:

  1. Ambil 2 ekor ikan tongkol basah (bisa ikan yg lain).
  2. Sediakan 1 sachet santan instan.
  3. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  4. Ambil 1 batang serai,memarkan.
  5. Ambil 1 sdm air asam jawa.
  6. Gunakan secukupnya cabai rawit utuh.
  7. Gunakan Garam,gula.
  8. Sediakan 🌺 Bumbu halus :.
  9. Gunakan 7 siung bawang merah.
  10. Siapkan 5 buah cabai merah (buang bijinya).
  11. Ambil 1 ruas lengkuas.
  12. Sediakan 1 ruas kunyit.
  13. Ambil 3 butir kemiri.

Ikan tongkol adalah jenis ikan laut yang sering dijadikan bahan makanan dengan berbagai variasi masakan. Punggung ikan memiliki warna biru gelap metalik. Bagi Mama yang senang menyantap sajian berbahan dasar ikan, wajib banget mencoba hidangan yang satu ini! Perpaduan lembutnya ikan tongkol dalam rasa pedas, manis, dan gurihnya AJI-NO-MOTO®, bikin selera makan keluarga jadi bertambah!

Langkah-langkah membuat Ikan Tongkol Bumbu Rujak:

  1. Cuci bersih ikan,lalu siangi ikan. Potong2 ikan sesuai selera. Rendam dgn air perasan jeruk nipis selama 15 menit. Lalu cuci bersih kembali,goreng ikan hingga matang. Angkat,sisihkan..
  2. Panaskan minyak,tumis bumbu halus hingga matang dan wangi. Masukkan daun jeruk dan serai,aduk rata. Tambahkan secukupnya air. Lalu masukkan santan,garam,gula,koreksi rasa..
  3. Setelah mendidih,masukkan ikan dan cabai rawit utuh,tunggh hingga meresap dan air agak menyusut,lalu matikan api. Siap di sajikan..

Kunci kelezatan ikan bumbu rujak ini ada di AJI-NO-MOTO® yang membuat masakan lebih istimewa, lezat dan pastinya umami!</p> Tongkol adalah salah satu ikan laut yang banyak digunakan sebagai bahan pada masakan tradisional. Soal cita rasa, tak perlu diragukan. Pasalnya banyak bumbu rempah yang digunakan. Antara lain, jahe, kemiri dan daun salam. Ketiga bahan tersebut membuat masakan memiliki cita rasa khas.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ikan tongkol bumbu rujak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.