'/> Resep Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat, Bikin Ngiler - Tutorial Masak Melayu

Resep Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat, Bikin Ngiler

Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat. Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat Diah Nurhayati Depok. Lihat juga resep Ikan Tongkol Bumbu Sarden enak lainnya. Ikan tongkol segar juga bisa diolah dengan bumbu sarden ala kalengan favorit Anda.

Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat Saya sering memasak menu Ikan Tongkol Bumbu Tomat ini,alasannya karena ikan tongkol lebih mudah di dapatkan di pasar sedangkan untuk membeli ikan sarden setidaknya saya harus pergi ke supermarket besar. Berikut ini adalah resepnya dan daripada bingung diberi nama apa resepnya,saya sebut saja Resep Ikan Tongkol Bumbu Tomat ala Sarden Kemasan Kaleng. Bisa dikreasikan jadi berbagai lauk sedap dan praktis, cobalah masak tongkol bumbu sarden.

Sedang mencari ide resep ikan tongkol basah bumbu sarden tomat yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan tongkol basah bumbu sarden tomat yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat Diah Nurhayati Depok. Lihat juga resep Ikan Tongkol Bumbu Sarden enak lainnya. Ikan tongkol segar juga bisa diolah dengan bumbu sarden ala kalengan favorit Anda.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan tongkol basah bumbu sarden tomat, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ikan tongkol basah bumbu sarden tomat yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ikan tongkol basah bumbu sarden tomat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat memakai 17 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat:

  1. Sediakan 1/2 kg ikan tongkol basah di potong2.
  2. Siapkan 4 siung bawang merah.
  3. Gunakan 3 siung bawang putih.
  4. Sediakan 5 cabe merah keriting (di rebus) jika tdk mau pedas.
  5. Ambil 1 buah tomat.
  6. Gunakan 1 buah bawang bombay, iris tipis.
  7. Gunakan 1 Ruas jahe (di geprek).
  8. Sediakan 1 Ruas lengkoas (di geprek).
  9. Siapkan 1 buah jeruk nipis.
  10. Ambil secukupnya Garam.
  11. Sediakan secukupnya Gula.
  12. Siapkan 500 ml Air.
  13. Sediakan Haluskan bumbu:.
  14. Siapkan Bawang merah.
  15. Sediakan Bawang putih.
  16. Siapkan Tomat.
  17. Siapkan Rebusan cabe.

Dengan perpaduan gurih ikan tongkol goreng serta pedasnya bumbu yang merah menyala, dijamin bikin sesi makanmu makin berselera. Setelah bumbu harum tambahkan sedikit air, saos tomat, gula, garam. Setelah mendidih masukkan ikan dan daun bawang dan masak sampai bumbu meresap. Koreksi rasa, jika sudah pas matikan api dan sarden siap disajikan.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Tongkol basah bumbu sarden tomat:

  1. Cuci bersih ikan tongkol yang sudah di potong2, lumuri dgn jeruk nipis dan beri garam secukupnya, diamkan sebentar..
  2. Cuci kembali ikannya, kemudian di kukus sampai matang, Angkat kemudian sisihkan..
  3. Goreng ikan sampai setengah matang..
  4. Panaskan minyak, masukan irisan bombay sampai terlihat layu & harum, kemudian masukan semua bumbu,tambahkan gula dan garam secukupnya aduk sampai matang, tambahkan air secukupnya tunggu sampai air mendidih..
  5. Masukan ikan, aduk rata, koreksi rasa diamkan sampai semua bumbu meresap dan air sedikit surut..
  6. Angkat, dan sajikan.

COM - Tongkol merupakan ikan laut yang kaya protein. Bahkan, kandungan protein dalam ikan tongkol disebut-sebut bisa membuat kenyang lebih lama dan menunda munculnya rasa lapar. Tak heran jika ikan tongkol cocok diolah sebagai menu buka puasa. Salah satu olahan ikan tongkol yang bisa dibuat di rumah yaitu tongkol bumbu sarden. Cara Membuat Sarden - Cara memasak sarden kaleng yang biasa dijual di warung berisi beberapa buah ikan yang sudah dimasak dengan sedemikian rupa dengan bumbu yang lumayan enak.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ikan tongkol basah bumbu sarden tomat yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.