'/> Resep Tongkol Balado, Lezat Sekali - Tutorial Masak Melayu

Resep Tongkol Balado, Lezat Sekali

Tongkol Balado. Goreng ikan tongkol hingga matang, sisihkan. Ya, tongkol balado merupakan salah satu hidangan yang tak pernah luput disajikan restoran-restoran Padang. Bumbunya yang pedas nan gurih, membuat santap siang semakin berselera.

Tongkol Balado Nah kalau kamu bosan hanya memakan tongkol yang digoreng, kamu bisa mencoba memasak tongkol dengan bumbu balado. Rasa ikan tongkolnya yang khas dan bumbu baladonya yang pedas sangat menggugah selera. Jangan lupa juga sajikan ikan tongkol balado dengan nasi putih hangat.

Anda sedang mencari ide resep tongkol balado yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tongkol balado yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tongkol balado, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan tongkol balado yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Goreng ikan tongkol hingga matang, sisihkan. Ya, tongkol balado merupakan salah satu hidangan yang tak pernah luput disajikan restoran-restoran Padang. Bumbunya yang pedas nan gurih, membuat santap siang semakin berselera.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah tongkol balado yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Tongkol Balado menggunakan 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Tongkol Balado:

  1. Sediakan 1/2 kg ikan tongkol basah (potong 6).
  2. Sediakan 1 bh jeruk nipis.
  3. Siapkan 2 ruas Lengkuas.
  4. Gunakan secukupnya Garam.
  5. Siapkan secukupnya Gula merah.
  6. Siapkan secukupnya Minyak goreng.
  7. Siapkan secukupnya Air.
  8. Siapkan Bumbu yg dihaluskan :.
  9. Sediakan 15 bh cabe keriting (bisa dilebihkan sesuai selera).
  10. Ambil 3 bh cabe rawit.
  11. Gunakan 8 siung bawang merah.
  12. Siapkan 4 siung bawang putih.
  13. Ambil 2 ruas kunyit.
  14. Sediakan 1 bh tomat.
  15. Ambil 1 bh kemiri.

Resep Ikan Tongkol Balado Enak dan Bikin Nagih - Ikan tongkol, selain rasanya yang enak. Salah satu ikan laut yang menjadi favorit semua kalangan ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kelezatan ikan satu ini menjadikan banyak orang yang gemar mengonsumsi ikan ini. Biasanya, ikan tongkol diolah menjadi beberapa jenis hidangan.

Langkah-langkah membuat Tongkol Balado:

  1. Cuci bersih ikan tongkol, setelah dibersihkan berikan garam secukupnya dan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari ikan. Diamkan sekitar kurang lebih 15 menit..
  2. Haluskan cabe keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri dan tomat (kalau saya gak suka yg terlalu halus biar enak).
  3. Setelah 15 menit panaskan minyak goreng dan goreng ikan tongkol hingga setengah matang atau garing (tergantung selera ya buntik....). Angkat lalu tiriskan..
  4. Panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu yang dihaluskan dan lengkuas yg sudah digeprek. Saat bumbu ditumis masukan garam dan gula merah secukupnya hingga harum (dicobain dulu y buntik biar tau apakah rasanya sudah pas atau blm 😊). Lalu masukan ikan yg sdh di goreng beri sedikit air diamkan hingga bumbu meresap. Setelah bumbu meresap angkat dan hidangkan dengan nasi panas, tahu goreng serta sayur asem.. Dijamin pasti nambahh...

Tongkol balado menjadi menu yang mudah ditemukan dimana-mana. Menu ini merupakan salah satu menu rumahan yang cukup mudah. Bagi kamu yang senang makanan laut, tampaknya tongkol balado cocok untuk kamu coba. JAKARTA - Ada banyak bahan makanan yang cocok diolah dengan teknik masak balado. Selain daging sapi dan telur, ikan tongkol pun sangat pas diolah dengan teknik masak khas Tanah Minang itu.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat tongkol balado yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.