'/> Resep Gulai kuning ikan tongkol, Bisa Manjain Lidah - Tutorial Masak Melayu

Resep Gulai kuning ikan tongkol, Bisa Manjain Lidah

Gulai kuning ikan tongkol. TIP MASAK GULAI KUNING IKAN TONGKOL @ IKAN AYO YANG SEDAP. Janganlah tengok sampai habis resepi lengkap cikgu ni kalau tengah jaga badan. Aha… resipi mengundang nasi tambah berkali-kali.

Gulai kuning ikan tongkol Kebetulan saya memang dah lama mencari resepi gulai ikan tongkol versi kelantan, saya memang penggemar masakan kelantan, sebelum beli, tp sekarang bila teringin gulai ikan aya, sya dah boleh masak sendiri. Balas Padam Cara Memasak Ikan Tongkol Gulai Kuning Kelantan. Rebus ikan dalam air, asam keping dan sedikit garam.

Lagi mencari inspirasi resep gulai kuning ikan tongkol yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai kuning ikan tongkol yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

TIP MASAK GULAI KUNING IKAN TONGKOL @ IKAN AYO YANG SEDAP. Janganlah tengok sampai habis resepi lengkap cikgu ni kalau tengah jaga badan. Aha… resipi mengundang nasi tambah berkali-kali.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai kuning ikan tongkol, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan gulai kuning ikan tongkol yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah gulai kuning ikan tongkol yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Gulai kuning ikan tongkol memakai 14 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Gulai kuning ikan tongkol:

  1. Ambil 1/2 kg ikan tongkol basah.
  2. Gunakan 2 ikat kacang panjang.
  3. Sediakan 1 papan tempe.
  4. Ambil Bumbu:.
  5. Siapkan 1 buah kelapa peras santannya santan.
  6. Siapkan 1/4 kg cabe rawit hijau.
  7. Gunakan 10 bh bamer.
  8. Sediakan 4 bh baput.
  9. Siapkan 1 ruas jahe.
  10. Gunakan 1 ruas lengkuas.
  11. Sediakan Sedikit kunyit.
  12. Siapkan Asam kandis.
  13. Siapkan Daun salam.
  14. Gunakan Garam dan penyedap rasa.

Kesemua bahan untuk kuah di atas di blend terlebih dahulu. Kemudian masukkan ke dalam santan dan masak dengan api kecil hingga menggelegak. Ikan yang digunakan dalam membuat gulai pun beragam, salah satu favorit masyarakat adalah gulai ikan tongkol, karena ikan tongkol cukup mudah didapat dan harganya pun sangat terjangkau. Lihat juga resep 🥗Gulai kuning Pedes ikan tongkol & pepaya jepang🥗 enak lainnya.

Cara menyiapkan Gulai kuning ikan tongkol:

  1. Cuci bersih ikan.. Tiriskan.. Potong kacang panjang sesuai selera.. Goreng tempe setengah mateng.
  2. Ulek semua bahan2.. (saya pakai blender krna males ngulek).
  3. Siapkan wajan. Masukkan santan dan bahan yg telah di ulek.
  4. Nyalakan api dan tunggu hingga mendidih.
  5. Masukkan ikan,, lalu tambhan kan asam kandis agar tidak amis.. Dan tambahkan 2 lembar daun salam.
  6. Setelah ikan hampir matang masukkan tempe dan kacang panjang.
  7. Tambahkan garam dan penyedap rasa.
  8. Koreksi rasa.
  9. Simple banget tpi ini lumayan enak apalagi kalo pedesss bgt..

Sebenarnya jarang sekali atau mungkin tak pernah melihat arwah Bonda menyediakan Gulai Kuning atau dikenali juga sebagai Gulai Lengkuas sebagai lauk nasi berlauk. Biasanya gulai ikan Bonda berwarna kemerahan kerana diletakkan cili kering dan rempah ketumbar biji selain bawang merah, lengkuas dan kunyit hidup. Nasi berlauk gulai ikan bewarna kuning dan guna ikan tongkol atau dikenali dengan ikan ayo di sana. Tapi ikan tongkol pula ada dua jenis. Pertama ikan tongkol hitam dan ikan tongkol putih.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan gulai kuning ikan tongkol yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.