'/> Resep Tongkol balado, Enak - Tutorial Masak Melayu

Resep Tongkol balado, Enak

Tongkol balado. Goreng ikan tongkol hingga matang, sisihkan. Ya, tongkol balado merupakan salah satu hidangan yang tak pernah luput disajikan restoran-restoran Padang. Bumbunya yang pedas nan gurih, membuat santap siang semakin berselera.

Tongkol balado Nah kalau kamu bosan hanya memakan tongkol yang digoreng, kamu bisa mencoba memasak tongkol dengan bumbu balado. Rasa ikan tongkolnya yang khas dan bumbu baladonya yang pedas sangat menggugah selera. Jangan lupa juga sajikan ikan tongkol balado dengan nasi putih hangat.

Anda sedang mencari ide resep tongkol balado yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tongkol balado yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tongkol balado, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan tongkol balado enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Goreng ikan tongkol hingga matang, sisihkan. Ya, tongkol balado merupakan salah satu hidangan yang tak pernah luput disajikan restoran-restoran Padang. Bumbunya yang pedas nan gurih, membuat santap siang semakin berselera.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan tongkol balado sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Tongkol balado memakai 12 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Tongkol balado:

  1. Sediakan 300 ons ikan tongkol basah potong menjadi 5 bagian.
  2. Ambil 1/2 bh jeruk nipis.
  3. Gunakan Garam.
  4. Siapkan Gula.
  5. Siapkan Secukupnya air matang.
  6. Ambil Secukupnya minyak goreng.
  7. Gunakan Bumbu halus.
  8. Gunakan 7 bh cabe merah keriting.
  9. Gunakan 4 bh rawit merah.
  10. Siapkan 4 siung bawang merah.
  11. Sediakan 1 siung bawang putih.
  12. Sediakan 1/2 bh tomat.

Ikan tongkol balado merupakan lauk sejuta umat di Indonesia. Tidak heran, menu yang satu ini kelezatannya sangat luar biasa. Nasi plus tongkol balado bisa banget bikin selera makan jadi nambah. Masakan rumahan ini, bisa kamu masak sendiri lho di rumah.

Cara membuat Tongkol balado:

  1. Cuci bersih ikan yang sudah dipotong, beri air perasan jeruk nipis dan lumuri dengan 1/2 sdt garam. Diamkan sebentar.
  2. Goreng ikan setengah matang/sesuai selera..
  3. Panaskan 3 sdm minyak goreng tumis bumbu halus hingga harum dan kering tambahkan 4 sdm air matang.
  4. Masukkan gulgar aduk rata bila air sudah mulai mendidih masukkan ikan. Masak hingga air menyusut. Sajikan dengan nasi hangat 😊.

Tentunya sangat mudah dan tidak ribet. Resep Ikan Tongkol Balado Enak dan Bikin Nagih - Ikan tongkol, selain rasanya yang enak. Salah satu ikan laut yang menjadi favorit semua kalangan ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kelezatan ikan satu ini menjadikan banyak orang yang gemar mengonsumsi ikan ini. Biasanya, ikan tongkol diolah menjadi beberapa jenis hidangan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Tongkol balado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.