'/> Resep Tongkol balado Anti Gagal - Tutorial Masak Melayu

Resep Tongkol balado Anti Gagal

Tongkol balado. Goreng ikan tongkol hingga matang, sisihkan. Ya, tongkol balado merupakan salah satu hidangan yang tak pernah luput disajikan restoran-restoran Padang. Bumbunya yang pedas nan gurih, membuat santap siang semakin berselera.

Tongkol balado Nah kalau kamu bosan hanya memakan tongkol yang digoreng, kamu bisa mencoba memasak tongkol dengan bumbu balado. Rasa ikan tongkolnya yang khas dan bumbu baladonya yang pedas sangat menggugah selera. Jangan lupa juga sajikan ikan tongkol balado dengan nasi putih hangat.

Sedang mencari ide resep tongkol balado yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol balado yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol balado, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan tongkol balado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Goreng ikan tongkol hingga matang, sisihkan. Ya, tongkol balado merupakan salah satu hidangan yang tak pernah luput disajikan restoran-restoran Padang. Bumbunya yang pedas nan gurih, membuat santap siang semakin berselera.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah tongkol balado yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Tongkol balado memakai 8 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Tongkol balado:

  1. Ambil 6 potong ikan tongkol cuek (boleh tongkol basah).
  2. Sediakan 1/2 buah tomat merah.
  3. Gunakan 3 siung bawang merah.
  4. Gunakan 1 siung bawang putih.
  5. Ambil Segenggam cabe merah keriting.
  6. Siapkan 10 buah cabe rawit merah (sesuai selera).
  7. Siapkan Sejumput garam, gula, dan kaldu bubuk (boleh skip).
  8. Gunakan Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan, dan menumis bumbu.

Ikan tongkol balado merupakan lauk sejuta umat di Indonesia. Tidak heran, menu yang satu ini kelezatannya sangat luar biasa. Nasi plus tongkol balado bisa banget bikin selera makan jadi nambah. Masakan rumahan ini, bisa kamu masak sendiri lho di rumah.

Langkah-langkah membuat Tongkol balado:

  1. Cuci tangan dan baca Bismillah.
  2. Cuci ikan, beri sedikit garam dan goreng sampai matang. Sisihkan..
  3. Haluskan cabai cabaian, bawang merah, bawang putih dan tomat. Boleh diulek, ditumbuk pakai tangan, atau diblender (saya ngga terlalu halus)..
  4. Panaskan pan/penggorengan dan tuang minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus dengan api kecil supaya tidak gosong, aduk2. Jangan ditinggal2 ya pemirsa... Beri garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk rata..
  5. Setelah bumbu halus matang, tes rasa, matikan kompor dan masukkan ikan yang sudah digoreng tadi, aduk rata..
  6. Angkat, hidangkan. Alhamdulillah....

Tentunya sangat mudah dan tidak ribet. Resep Ikan Tongkol Balado Enak dan Bikin Nagih - Ikan tongkol, selain rasanya yang enak. Salah satu ikan laut yang menjadi favorit semua kalangan ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kelezatan ikan satu ini menjadikan banyak orang yang gemar mengonsumsi ikan ini. Biasanya, ikan tongkol diolah menjadi beberapa jenis hidangan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Tongkol balado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags:
Link copied to clipboard.